Segenap Keluarga Besar Mamuju Sul-Bar.. Kompleks Pelabuhan Fery (Simboro Pantai).. Mengucapkan Terima Kasih kepada semua pihak yang telah mau dan meluangkan waktunya untuk singgah di Blog anak Mamuju Kreasi by Fathur (ammang) di Simboro

Kamis, 18 Juli 2013

Studi: Puasa Bisa Bebaskan Orang dari Sakit Jantung



Tidak bisa dipungkiri, meski pun berat bagi sebagian orang, kewajiban berpuasa ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan bagi siapa pun yang menjalankannya.

Studi-Puasa-Bisa-Bebaskan-Orang-dari-Sakit-Jantung
Sebuah studi yang dilakukan oleh Intermountain Medical Centre Heart Institute menyebutkan bahwa berpuasa dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardovaskular seperti serangan jantung. 

Saat berpuasa, metabolisme tubuh akan mengalami perubahan. Termasuk perubahan signifikan kadar kolesterol dalam tubuh yang cenderung mengalami penurunan. Ini menjadi fakta yang menguntungkan sekaligus menggembirakan, terutama bagi mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Seperti kita ketahui bahwa kadar kolesterol dan gula yang tinggi dalam darah dapat memicu penyakit jantung. Dengan berpuasa, seseorang berpeluang lebih besar menurunkan kadar kolesterol dan gula yang terlalu tinggi dalam darah. 

Dr. Benjamin D. Horne, PhD, MPH selaku ketua peneliti menyatakan, “Penemuan baru ini menunjukkan bahwa penemuan-penemuan sebelumnya bukanlah suatu kebetulan,” seperti dikutip theNews.

Menurut Benjamin, penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian terbesar di dunia, terutama di Amerika. Informasi dari pasien-pasien penyakit jantung yang datang ke klinik menunjukkan perkembangan positif ketika mereka berpuasa. 

Studi mencatat, dari keseluruhan kadar kolesterol pasien selama berpuasa, kolesterol baik (HDL) jumlahnya meningkat 14 persen. Sedangkan, kadar kolesterol jahat (LDL) hanya meningkat sebesar 6 persen. 

“Angka tersebut cukup mengejutkan kami. Ini menunjukkan bahwa puasa bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular,” tambah Benjamin
www.id.yahoo.co.id
Artikel Terkait
Share this article now on :