Segenap Keluarga Besar Mamuju Sul-Bar.. Kompleks Pelabuhan Fery (Simboro Pantai).. Mengucapkan Terima Kasih kepada semua pihak yang telah mau dan meluangkan waktunya untuk singgah di Blog anak Mamuju Kreasi by Fathur (ammang) di Simboro

Rabu, 12 Juni 2013

Pesona Wanita Kalumpang di Mamuju




Wanita Kalumpang Mamuju
Wanita Kalumpang dengan pakaian adat daerah khas Kalumpang

Apakah anda pernah mendengar cerita tentang pesona kecantikan gadis-gadis kalumpang di wilayah Mamuju?benarkah mereka cantik? Gadis Kalumpang konon mirip dengan mereka yang berasal dari Minahasa atau Manado.

Kalumpang adalah salah satu Kecamatan terletak di timur Mamuju Ibukota Provinsi Sulawesi Barat, merupakan sebuah Desa terpencil diantara pegunungan yang rindang dan sungai yang meliuk-liuk sepanjang ratusan kilometer mengalir menuju lepas Pantai Laut Sulawesi.

Menurut informasi wanita Kalumpang lebih mirip dengan wanita-wanita Manado. Kondisi alam Kalumpang yang masih alami dan asri mungkin cocok untuk menjaga pesona mereka.


Berikut Beberapa Fakta Menarik Seputar Kalumpang :

Fakta pertama yang kemudian terungkap adalah benar jiika wanita dan gadis Kalumpang cenderung memiliki warna kulit yang putih dengan dominasi paras yang elok dipandang, tetapi kemudian tidak semua seperti itu.

Fakta kedua adalah Kalumpang masih menyimpan adat, budaya, serta tradisi yang masih terjaga dengan baik. Kebiasaan-kebiasaan dari leluhur dan nenek moyang masih dijaga dengan cukup ketat walaupun memang tidak bisa dinafikkan bahwa modernisasi juga masuk ke daerah ini.

Fakta ketiga adalah bahwa orang-orang Kalumpang tidak memiliki pertalian dengan orang-orang Manado ataupun Minahasa, jadi mereka asli dari daerah Kalumpang.

Fakta keempat adalah bahwa wanita Kalumpang dan penduduknya memiliki dialek khas

Fakta kelima adalah wanita Kalumpang yang berusia paruh baya kadang menenun, tenunan khas Kalumpang yang dinamai "Sekomandi" berbahan dasar benang dari kapas yang dipintal.

Terimakasih telah berkunjung,,
Artikel Terkait
Share this article now on :