Segenap Keluarga Besar Mamuju Sul-Bar.. Kompleks Pelabuhan Fery (Simboro Pantai).. Mengucapkan Terima Kasih kepada semua pihak yang telah mau dan meluangkan waktunya untuk singgah di Blog anak Mamuju Kreasi by Fathur (ammang) di Simboro

Sabtu, 15 Juni 2013

Kue Tetu' Khas Kota Mamuju



Tetu', Berbicara masalah tetu' mungkin orang akan bertanya apakah itu? Jawab salah seorang nenek asli Kota Mamuju "Kande na nenemu ana' iya moittu dikua makanan khasna Mamuju" .. Ngertikan...Wkkk.. Maksud dari perkataan nenek adalah tetu' itu makanan khas mamuju yang dari dahulu orang tua-tua makan di daerah Mamuju. 

Uniknya kue ini tak pernah ketinggalan disajikan apabila ada acara besar-besaran, contoh kecilnya saat maulid atau Isra' Mi'raj di Kota Mamuju.


Tetu' Kue Khas Mamuju

Meskipun tergolong jenis kue yang sederhana tapi rasanya bisa dibilang.. G Kalah sama kue-kue yang dijajankan di ibu kota.

Salah satu rahasia yang membuat makanan ini enak di makan adalah isi dari kue itu sendiri..Sejatinya adalah paduan tepung terigu (gandong) dan gula (golla). Jenis kue inipun ada dua macam, 
Pertama jenis Tetu' yang dibubuhi gula merah..
 Gula Merah
 
Kedua jenis Tetu' yang dibubuhi dengan gula manis.
 Gula Pasir
  Diramu dan dikemas dalam kotak daun pandan, dengan rasa santan gurih yang dominan maka tentu saja kelezatan khasnya akan anda dapatkan. 

Adapun cara membuat Tetu ini sederhana saja :

1. Buatlah terlebih dahulu semacam kotak tepatnya agak berbentuk perahu (kappal-kappal), nah untuk hasil yang maksimal pilihlah daun pandan wangi yang agak tua, kemudian dijemur (dialloi) sebentar agar ketika dilipat  tidak mudah retak atau "rappa' "

2. Lalu kemudian potonglah daun pandannya seukuran yang anda suka, kemungkinan sejengkal tangan,  kemudian dilipat "dilluppi'' " dan direkatkan dengan menggunakan hekter dan bagian daunnya ditusuk menggunakan lidi yang runcing

3. Lalu dasar kotak pandan yang berbentuk perahu tersebut  ditaburi gula putih atau gula pasir atau gula aren "golla mamea, tergantung selera anda, dicampur juga boleh jika anda lebih suka ada rasa kombinasi

4. Adonannya yang merupakan paduan terigu "gandong" dan santan kelapa dengan perbandingan tertentu rasionya diperkirakan menggunakan ilmu kira2, kami juga tak jelas ilmu estimasi seperti apa ini mungkin kaum wanita lebih paham

5. Adonan terigu+santan tadi lalu dituang ke dalam kotak pandan sekitar 2/4 dan sisakan 1/4 buat lapisan ketiganya yang merupakan santan kental

6. Setelah semua bahan sudah bercampur, selanjutnya kita  kukus kotak pandan tersebut sampai stengah matang, kemudian siramkan santan kental ke permukaan adonan yg sudah 1/2 matang tersebut.

7. Salah satu rahasia tetu' yang sempurna adalah terletak pada lapisan santan gurih di permukaannya. Caranya? Biar santannya gurih, campurkan seujung sendok teh garam makan ke dalam santan kentalnya.

8. Lalu, lanjutkan dengan mengkukus sampai benar-benar matang. Cara mengeceknya? Tusuk pakai lidi bersih

9. Tips yang lain adalah jika mau lebih wangi, bisa tambahkan essence/powder vanilla di santannya

10. Anda juga bisa menambahkan potongan-potongan kecil nangka atau "ku'mil" di permukaan paling atas sebagai topping untuk sensasi berbeda. 

Demikianlah cara membuat kue Tetu' Khas Mamuju kalawpun ada yang mengaku dari daerah lain yang tahu hanya Allah. Sang pencifta segala sesuatu yang ada dimuka bumi ini..yang pasti ini asli dari daerah Mamuju Sul-Bar.
Artikel Terkait
Share this article now on :