Segenap Keluarga Besar Mamuju Sul-Bar.. Kompleks Pelabuhan Fery (Simboro Pantai).. Mengucapkan Terima Kasih kepada semua pihak yang telah mau dan meluangkan waktunya untuk singgah di Blog anak Mamuju Kreasi by Fathur (ammang) di Simboro

Senin, 17 Juni 2013

Gogos Makanan Khas Sulawesi

Gogos.. G ada orang sulawesi yang g tahu makanan ini..  

Di Kota Mamuju Makanan ini biasanya ada sebagai pelengkap dari sesajian apabila ada acara-acara adat seperti pernikahan atau upacara apa saja. Tetapi sekarang banyak dijumpai di mana saja, seperti di pasar tradisional yang biasa dibeli orang sebagai makanan sampingan yang dapat disajikan kapan saja, termasuk pada hari lebaran, biasa juga jadi bekal bila bepergian. 

Makanan ini biasanya dimakan bersama lauk seperti dengan telur rebus, sambal, ayam goreng, dan lain-lain. Pokoknya enak deh.. apalagi bila dimakan saat pagi hari wenake fool...



Gogos Campur Telur


Gogos ada yang tanpa isian dan ada juga dengan isian. Nah yang menggunakan isian inilah dinamakan gogos kambu atau gogos isi. Isinya biasa dari ikan tongkol yang dicampur kelapa sangrai dan bumbu. Kalau mau tahan lama biasa cuma diisi dengan abon. 

Kalau yang tanpa isi biasa dijual dengan pendamping telor asin. Hah...pasti pada heran kan, kok dimakan sama telor asin. Iya memang gogos ini bukan termasuk snack atau jajan buat nyemil. Tapi sebagai makanan utama pengganti nasi. Biasanya diperuntukkan buat bekal kalau lagi bepergian. 

Kalau di daerah Sulawesi, persinggahan bus itu pasti dipadati dengan penjaja gogos ini. Itulah sebabnya gogos ini tanpa isi dan dimatangkan dengan cara dipanggang, agar tahan lama. Bisa sampai seminggu tergantung cara masaknya. 


Nah Untuk Resepnya Kita buat Gogos isi aja yah.. biar yahuud...



Pertama :
Siapkan daun pisang, setelah itu dipotong-potong dan dilap. Untuk sematnya bisa menggunakan lidi dari pohon kelapa, Kenapa nnggak ambil lidi dari sapu lidi aja?? hihi udah mengkilat keseringan pakai pukul kasur...hehehe


Kedua Siapkan ketan :
- 500 gr beras ketan putih, rendam 2 jam
- 300 ml santan
- 1 sdt garam
- pandan

Ketiga Bahan isi gogos :

- 2 ekor ikan tongkol ukuran sedang, bakar lalu buang tulang dan suwir
- 1/4 biji kelapa parut (sangrai sampai kecoklatan, setelah dingin tumbuk agak kasar)
- 3 sdm minyak untuk menumis bumbu

Keempat Bumbu halus :

- 2 buah cabe merah
- 5 buah cabe rawit (kalau suka pedas)
- 8 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt pala bubuk
- garam secukupnya
- gula merah secukupnya

Olesan :
santan kanil+sedikit garamCara membuat :

  1. Isian : panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan ikan tongkol suwir. Aduk hingga bumbu bercampur. Tambahkan sedikit air agar bumbu bisa lebih tercampur. Setelah air menyusut, masukkan kelapa sangrai lalu aduk rata. Masak sambil diaduk aduk terus sampai isian menjadi kering seperti abon. Matikan api. Sisihkan.
  2. Ketan : setelah ditiriskan, kukus ketan bersama daun pandan sampai setengah matang sekitar 15 menit. Angkat. Didihkan santan dengan garam dalam panci. Masukkan ketan, aduk sampai santan habis terserap habis. Kukus ketan kembali selama 30 menit hingga matang. Angkat.
  3. Siapkan 2 lembar daun pisang. Daun yang masih muda untuk pembungkus bagian dalam.
  4. Siapkan plastik agar ketika membentuk adonan ketan tidak melengket. Sendokkan ketan dalam plastik. Padatkan dan pipihkan. Beri isian ikan. Tangkupkan dan padatkan.
  5. Letakkan dalam daun dan olesi dengan santan kanil. Gulung. Semat dengan lidi. Selesaikan semua.
  6. Siapkan bara atau kompor. Panggang gogos dengan api sedang sampai wangi. Bagian kulit agak kering tapi bagian dalam masih lembut.





  Siap dihidangkan....

Caution :
Sekedar menyarankan bila ada permasalahan tentang gogos ini makan dari mana jawab saya tentu Asli makan ini dari sulawesi.. 

Kalaupun ada yang bilang gogos dari Sulawesi Selatan (Makassar..) gogos dari Sulawesi Barat (Mandar, Mamuju). Semua itu benar adanya.. 

Sebagaimana kita ketahui dulunya Sul-Sel dan Sul-Bar adalah satu provinsi yang sekarang berpisah..

Artikel Terkait
Share this article now on :